Pages

10 Superhero Indonesia yang Terlupakan

1. Gundala Putera Petir
http://hermawayne.blogspot.com
Gundala adalah tokoh komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada tahun 1969. Jelas tampak pengaruh komik superhero Amerika pada desain karakter maupun jenis kekuatannya, meskipun alur ceritanya bergaya Indonesia. Lokasi cerita sering digambarkan di kota Yogyakarta meskipun dalam filmnya pada tahun 1982 diceritakan berada di Jakarta.

Berawal dari seorang peneliti jenius bernama Sancaka menemukan serum anti petir. Tenggelam dalam ambisinya sebagai seorang ilmuwan, dia melupakan hari ulang tahun Minarti, kekasihnya, yang berakibat putusnya hubungan mereka. Sancaka yang patah hati berlari dengan hati galau di tengah hujan deras. Tiba-tiba sebuah petir menyambarnya. Dalam keadaan koma ia ditarik oleh suatu kekuatan dari planet lain dan diangkat anak oleh raja Kerajaan Petir yang bergelar Kaisar Kronz, sekaligus diberkati kemampuan super, yaitu bisa memancarkan geledek dari telapak tangannya. Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kekuatan lari secepat angin. Sejak itulah, pada waktu-waktu tertentu, ia tampil sebagai jagoan penumpas kejahatan berpakaian hitam ketat dengan sepatu dan cawat berwarna merah. Wajahnya tertutup topeng, hanya tampak mata dan mulutnya, di sisi topengnya terdapat hiasan seperti sayap burung.

2. Godam Manusia Besi
http://hermawayne.blogspot.com
Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam judul Memburu Doktor Setan pada tahun 1969. Godam berasal dari dimensi lain yang terdapat negeri yang bernama Godam. Dikarenakan perlawanannya terhadap kekejaman Ratu Candalani, Godam yang masih bayi putra bangsawan negeri Godam menjadi buronan sebagaimana kedua orang tuanya yang dianggap memberontak terhadap kekuasaan Candalani.

3. Aquanus
http://hermawayne.blogspot.com
Aquanus adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam judul Aquanus di Planet Vibhy pada tahun 1968. Ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memelihara anak yang bernama Dhanus itu.

Bangsa Zyba adalah bangsa yang mampu hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar lautan. Suatu ketika saat menyelam di dasar laut, seseorang yang mengaku berasal dari Zyba menolongnya dari serangan gurita raksasa. Orang itu tewas ditembak para penyelam. Sebelumnya ia memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus. Sabuk ini menjadi senjata andalan Aquanus. Nama Aquanus berasal dari Aqua yang berarti air, dan Nus dari Dhanus.

4. Pangeran Mlaar
http://hermawayne.blogspot.com
Pangeran Mlaar adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Mlaar adalah Putra Mahkota suatu kerajaan di planet Covox. Setelah terbunuhnya ayah Mlaar oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar dilarikan oleh pamannya yang seorang ilmuwan jenius. Berkat suatu rekayasa oleh pamannya, Mlaar mempunyai kemampuan elastisitas yang bisa membuatnya mulur dalam batas tertentu.

5. Caroq
http://hermawayne.blogspot.com
Caroq adalah seorang karakter superhero Indonesia karya Ahmad Thoriq. Caroq diciptakan pada tahun 1992. Nama aslinya adalah Ongko yang berprofesi sebagai sopir taksi. Ia memiliki kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi seorang superhero. Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Musuh bebuyutannya adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis.

6. Jin Kartubi
http://hermawayne.blogspot.com
Jin Kartubi adalah tokoh komik ciptaan Hasmi pada tahun 1968. Kartubi adalah jin raksasa hamba Maza. Apabila Maza memerlukannya, ia tinggal menggosok pisau belatinya. Kartubi akan segera muncul dengan tertawa terbahak-bahak.

Kartubi sebenarnya adalah pangeran di negeri jin yang disebut kerajaan Mbegadud. Ayahnya adalah raja Mansuk Lezus. Saudara-saudaranya yang jahat memasukannya ke dalam botol dan membuangnya. Ia memasuki mimpi Kanigara (alter ego Maza) bahwa ia akan mengabdi kepadanya dan masuk ke dalam belatinya. Wujud raksasa Kartubi sering dipergunakan Maza dalam menghadapi ancaman raksasa seperti Xephros dan siluman-siluman raksasa di pulau hantu. Kemampuannya untuk terbang sangat dimanfaatkan para superhero yang tidak dapat terbang untuk transportasi udara.

7. Kalong
http://hermawayne.blogspot.com
Kalong atau Calong adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Muncul pertama kali pada tahun 1972 dalam Calong Anak Kelelawar. Agus Supriyadi bersembunyi dalam sebuah peti supaya bisa ikut dalam rombongan ekspedisi arkeologi ke pegunungan Dieng yang dipimpin oleh ayahnya. Agus yang sebetulnya tidak boleh ikut oleh orangtuanya terpaksa harus tinggal di sekitar tenda bersama seorang pegawai ayahnya. Seorang anak buah Isman yang lain ikut dalam komplotan yang akan memeras ayahnya. Menyadari bahaya dari orang yang kemudian mengejarnya, Agus berlari dan terperosok ke sebuah jurang dan pingsan.

Agus yang bangun dari pingsannya tersesat sampai ke sebuah gua. Di dalam gua yang penuh dengan kelelawar itu, Agus bertemu dengan bangsa manusia kelelawar dari kerajaan Laksa Bantala di ujung gua. Rajanya yang bernama Xamfereet memberinya sebuah benda ajaib yang bila ditempelkan di kening akan merubahnya menjadi superhero cilik yang disebut Kalong. Kalong kemudian menggagalkan usaha pemerasan anak buah ayahnya. Kalong dapat terbang seperti kelelawar, kebal senjata. Ujung jarinya bisa memancarkan sinar pemaham. Apabila sinar itu dikenakan pada hewan, maka hewan itu bisa mengerti dan berbicara untuk memberi keterangan yang jujur.

8. Sembrani
http://hermawayne.blogspot.com
Sembrani adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Muncul pertama kali dalam serial Gundala 1000 Pendekar tahun 1974. Tangguh sedang berada di tepi kawah gas beracun di Dieng, ketika ada sesuatu yang membuatnya tertarik turun ke kawah. Sebuah pesawat angkasa ternyata telah jatuh ke dalam kawah. Kehadiran benda itu rupanya menetralisir racun gas. Lewat proyeksi 3 dimensi, Otohrb, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty berbicara padanya. Dia memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat merubahnya menjadi seorang superhero yang bernama Sembrani. Sembrani mempunyai kemampuan untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun dan dapat terbang.

9. Zantoro
http://hermawayne.blogspot.com
Zantoro berasal dari keluarga yang kurang harmonis, adiknya yang bernama Mantoro tinggal bersama sang ibu, sedangkan Zantoro tinggal bersama sang ayah. Sang ayah merupakan seorang pedagang dan ahli dalam pembuatan senjata tajam. Zantoro juga mewarisi kemampuan sang ayah dalam membuat senjata tajam dan juga ahli dalam memainkannya. Zantoro amat benci dengan kejahatan, ia akan merasa sangat geram jika melihat tindak kejahatan di depannya, dan tak sedikit penjahat kelas teri dan kelas kakap yang berhasil diringkus oleh Zantoro.

10. Merpati
http://hermawayne.blogspot.com
Sedhah adalah seorang wartawati yang sedang menolong ayahnya yang diculik terjatuh ke dalam sebuah jurang dan ditolong oleh segerombolan merpati yang kemudian membawanya ke Ratu Merpati. Ratu Merpati memasukkan Sedhah kedalam suatu ramuan ajaib yang membuat Sedhah memiliki kekuatan super dan dikenal dengan sebutan "Merpati."

Read more

10 Negara yang memilki kekuatan angkatan bersenjata terbesar di dunia

Bahkan dengan diplomasi menjadi tulang punggung skenario internasional saat ini, negara-negara merasa perlu untuk menghabiskan persentase yang cukup besar dari anggaran tahunan mereka di militer, dan untuk alasan yang baik. Ini disebut bersiap untuk yang terburuk. Sebuah melihat kembali sejarah menunjukkan bahwa sengketa jarang telah diselesaikan di atas kertas. Dengan ketegangan memuncak dan surut tak terduga di beberapa bidang dan faksi teroris yang muncul dalam negara di seluruh dunia, militer selalu membutuhkan individu yang lebih mampu. Dan meskipun angka tidak mungkin memenangkan perang, mereka pasti materi.

Berikut ini adalah daftar dari sepuluh negara yang saat ini memiliki kekuatan militer terbesar di dunia


No 10. Turkey

Annual Defense Budget=$30,936,000,000
Military Personnel=514,000
Population reaching military age annually=1,298,979
Fighter Jets=1,530
Navy Ships=180
Purchasing power=$853,900,000,000

Jet Tempur Andalan: Eurofighter Typhoon


Monster Lautnya: Milgem class corvette type f511





No 9. Jepang

Annual Defense Budget=$44,300,000,000
Military Personnel=378,000
Population reaching military age annually=1,212,321
Fighter Jets=2,700
Navy Ships150
Purchasing power=$4,272,000,000,000

Jet Tempur Andalan: Mitsubishi F-2 fighter


Monster Lautnya: DDG174 Kirishima (Escort Flotilla 1) Aegis Destroyer.

No 8. Brasil

Annual Defense Budget=$24,000,000,000
Military Personnel=287,000
Population reaching military age annually=3,275,154
Fighter Jets=1,650
Navy Ships=90
Purchasing power=$1,849,000,000,000

Jet Tempur Andalan: F Tiger II


Monster Lautnya: Navy corvette Julio de Noronha.
No 7. Jerman

Annual Defense Budget=$46,000,000,000
Military Personnel=250,000
Population reaching military age annually=863,773
Fighter Jets=1,100
Navy Ships=130
Purchasing power=$2,807,000,000,000

Jet Tempur Andalan: F-4F Phantom II


Monster Lautnya: Fregatte Mecklenburg-Vorpommern F218.

No 6. Perancis

Annual Defense Budget=$62,000,000,000
Military Personnel=225,000
Population reaching military age annually=783,788
Fighter Jets=1,900
Navy Ships=135
Purchasing power=$2,075,000,000,000

Jet Tempur Andalan: Dassault Mirage 2000


Monster Lautnya: Frigate - D620 Forbin

No 5. Inggris

Annual Defense Budget=$53,000,000,000
Military Personnel=195,000
Population reaching military age annually=784,520
Fighter Jets=2,670
Navy Ships=140
Purchasing power =$2,130,000,000,000

Jet Tempur Andalan: Tornado GR4


Monster Lautnya: HMSDaring

No 4. India

Annual Defense Budget=$33,000,000,000
Military Personnel=1,325,000
Population reaching military age annually=22,229,373
Fighter Jets=1,250
Navy Ships =145
Purchasing power=$2,966,000,000,000

Jet Tempur Andalan: Sukhoi Su-30MKI


Monster Lautnya: INS Ranvijay Malabar
No 3. Rusia

Annual Defense Budget=$43,000,000,000
Military Personnel=1,245,000
Population reaching military age annually=1,602,673
Fighter Jets=6,500
Navy Ships=525
Purchasing power =$2,097,000,000,000


Jet Tempur Andalan: Sukhoi Su-35BM


Monster Lautnya: Russian corvette Steregushchiy

No 2. China

Annual Defense Budget=$59,000,000,000
Military Personnel=2,255,000
Population reaching military age annually=20,470,412
Fighter Jets=2,400
Navy Ships=760
Purchasing power =$7,099,000,000,000


Jet Tempur Andalan: Shenyang J-11


Monster Lautnya: Jiangwei II class frigate
No 1. USA

Annual Defense Budget=$515,000,000,000
Military Personnel=1,385,000
Population reaching military age annually=4,266,128
Fighter Jets=22,700
Navy Ships=1,600
Purchasing power =$13,780,000,000,000

Jet Tempur Andalan: USAF F-22 Raptor


Monster Lautnya: USS Bainbridge (DDG-96)

Read more

Keyboard Unik Masa Masa Lalu

1. IBM PCjr (1984)http://img51.imageshack.us/img51/6479/keyboard1z.jpgKeyboard pertama yang dikapalkan IBM tetap merupakan yang terburuk sepanjang masa. Salah satu model tanpa kabel yang pernah ada, ia memerlukan supply batterai untuk dapat beroperasi. IBM menciptakan keyboard Chiclet ini dengan plastic keras yang tidak memungkinkan huruf dicetak diatasnya (sebagai gantinya, huruf, nomor, dan simbol dicetak diatas font diatas setiap tombol). Para wartawan dengan cepat memperkirakan bahwa produk ini akan dihentikan dalam jangka waktu satu tahun. Namun anehnya, IBM juga memperkenalkan keyboard dengan 101 tombol yang disebut dengan 'Model M' -- yang oleh sebagian orang disebut sebagai keyboard terbaik - di tahun 1984.
2. Commodore PET 2001 (1977)http://img246.imageshack.us/img246/2522/keyboard2i.jpgPelopor computer Commodore mulai menciptakan keyboard buruk saat PET dikeluarkan untuk pertama kalinya taun 1977. PET memiliki tombol space yang kecil bukannya tombol spacebar besar yang keberadaanya sangatlah penting. Ditambah lagi anda tidak akan tau kapan anda berhasil menekan sebuah tombol, karena membran yang tipis.
3. Mattel Aquarius (1983)http://img9.imageshack.us/img9/9986/keyboard3o.jpgMattel dengan 'pintarnya' menempatkan tombol Reset yang dapat menyebabkan kecelakaan saat pengetikan. Ditambah lagi penempatakn tombol Return yang aneh menjadikannya keyboard terburuk yang pernah ada.
4. Timex Sinclair 1000 (1982)http://img34.imageshack.us/img34/5623/keyboard4.jpgTimex Sinclair 1000 menembus batas baru saat PC memasuki pasar retail di A.S dengan harga $100, anda tidak akan mendapatkan banyak: hanya display hitam-putih, tanpa suara, 2KB RAM dan keyboard kecil yang kecil dan rata. Sehubungan dengan ukurannya yang kecil, Sinclair membuat skema perintah BASIC keyword untuk setiap tombol, jadi pengguna hanya perlu menekan satu tombol (P untuk Print), tujuannya tentu saja untuk memudahkan. Namun saat anda menekan tombol tanpa maksud menggunakan basic command, anda akan gila dibuatnya.
5. Atari 400 (1979)http://img52.imageshack.us/img52/1599/keyboard5b.jpgTombol Atari 400 sepenuhnya rata, jadi pengguna tidak akan tau jika ia telah sukses menekan sebuah tombol. Keyboard Atari 400 diuntungkan dengan penempatan layout standar, namun tombol Break yang berbahaya terletak disebelah kanan tombol Backspace. Untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, disarankan untuk berhati-hati.
6. Tandy TRS-80 Micro Color Computer MC-10 (1983)http://img69.imageshack.us/img69/571/keyboard6.jpgTandy pasti cemburu dengan kesuksesan Spartan Timex Sinclair 1000 saat ia meluncurkan MC-10 tahun 1983, yang desainnya tidak mementingkan minimalisasi. Untuk hampir setiap pekerjaan, komputer yang lebih besar (seperti TRS-80 Color Computer) akan melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Keyboard MC-10 secara mengejutkan sangat responsive untuk ukuran keyboard Chiclet. Sayangnya banyak tombol yang memiliki 4 fungsi yang berbeda secara bersamaan. Dan secara layout, ia memiliki 4 kekurangan: tombol Break ada ditempat dimana seharusnya tombol Backspace, tidak ada tombol Backspace, tidak ada tombol shift disebelah kiri, dan satu tombol shift mencerminkan fungsi tombol diseberangnya. Namun setidaknya ia kali ini memiliki tombol spacebar.
7. Texas Instruments TI-99/4 (1979)http://img41.imageshack.us/img41/2955/keyboard7.jpgDengan diluncurkannya TI-99/4 pada tahun 1979, pelopor sirkuit terintegrasi - Texas Instrument membuat langkah dengan masuk ke pasar komputer rumahan dengan harga $1150 per paket yang mencakup monitor khusus dan keyboard Chiclet yang tampak seperti kalkulator. Yang paling mengganggu dari keyboard ini adalah fungsi tombol Shift-Q yang akan menghentikan semua program dan mematikan komputer. Banyak yang menghilangkan pekerjaan sehari penuh hanya karena ingin membuat huruf Q kapital.
8. Commodore PET 2001-32-N (1978)http://img522.imageshack.us/img522/9241/keyboard8.jpgBanyak pengkritik yang merevisi ucapannya saat Commodore PET (model 2001-32-N) diluncurkan sebagai update dari keyboard Commodore PET yang pertama. Namun untuk satu hal, desainnya masih menempatkan tombol Run/Stop disebelah tombol Return. Dan sebagai tambahan, ia masih tidak memiliki tombol Backspace.

9. Timex Sinclair 2068 (1983)http://img30.imageshack.us/img30/1097/keyboard9.jpgDalam rangka memperbaiki Sinclair ZX untuk pasar A.S, Timex malah meluncurkan produk jelek Timex Sinclair 2068. Menggunakan keyboard 2068 tanpa training yang cukup, sama dengan mengetik dalam keadaan mabuk atau mengetik dengan mata tertutup. Beberapa tombol memiliki 6 fungsi yang berbeda. Dan yang paling parah adalah ia tidak memiliki tombol backspace. Apakah para penciptanya berasumsi bahwa pengetik tidak akan melakukan kesalahan?
10. Commodore 64 (1982)http://img697.imageshack.us/img697/7857/keyboard10.jpgCommodore 64 setidaknya memiliki tiga kelemahan, secara visual ia membingungkan, dengan banyaknya simbol pada tiap tombol. Ia sangat tidak ergonomis sehingga menyulitkan pergelangan tangan bagi pengetik amatir. Dan layout dari keyboard yang jelek karena banyak peletakan banyak tombol kunci yang salah. Sebagai contoh, peletakan tombol Home/Clear disebelah kiri Delete (Backspace) sehingga membuat pengguna banyak sering mengirimkan kursor ke atas layar.


Read more