Pages

Keajaiban Jantung

Berikut Fakta Mengenai Keajaiban Jantung Manusia:
1. Jantung kita besarnya hanya sekepalan tangan kita

Meskipun jantung manusia cuma sebesar kepalan tangan kita, tetapi jantung merupakan bagian tubuh yang paling aktif dan tidak pernah berhenti bekerja sekalipun kita tertidur (karena sarafnya bersifat otonom ). Kalau jantung berhenti berdenyut, berakhirlah hidup kita. Jantung sebenarnya adalah kantung berdenyut yang terbuat dari otot yang sangat kuat, yang disebut otot jantung atau miokardia. Otot-otot ini tidak pernah lelah dan berkontraksi setiap detik sekali atau lebih sering, selama kita hidup. Kontraksi atau denyut jantung tersebut menekan darah dalam jantung untuk keluar memasuki arteri. Ketika mengendur, jantung terisi lagi dengan darah dari vena.
2. Jantung ternyata bukan hanya terdiri dari satu pompa

Jantung ternyata terdiri dari dua pompa yang berdampingan. Pompa sebelah kiri mengeluarkan darah ke seluruh tubuh dan membawa oksigen serta sari-sari makanan untuk disebarkan ke seluruh sel kita. Setelah sampai di bagian tubuh kita paling ujung, darah kembali ke pompa sebelah kanan dan di kirim ke paru-paru untuk mengumpulkan oksigen yang lebih banyak. Kemudian, darah kembali ke pompa sebelah kiri dan di pompa keluar dari jantung. Demikianlah proses ini terus berulang.
3. Volume Pompaan per hari
ni contoh tanki 15.000 liter. volume sebanyak ini yang tiap hari diputer sama jantung kita.. woww..
Dalam satu hari, jantung bekerja memompa darah sebanyak 15.000 liter. Supaya terus bersirkulasi dan menyuplai gizi dan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh kita dan membuang racun dan karbondioksida hasil metabolisme
4. Denyutannya jantung
Jantung kita berdenyut dengan kecepatan yang berbeda-beda, tergantung apa yang sedang dilakukan tubuh. Ketika sedang aktif, otot-otot membutuhkan energi dan oksigen yang lebih banyak. Sebab itu, jantung berdenyut lebih cepat, 120 kali atau lebih setiap menit. Ketika sedang berisitirahat, jantung kembali melambat dan berdenyut 60 sampai 80 kali per menit. Pada saat seseorang ketakutan atau stres, jantung berdenyut lebih cepat dari biasanya. Rata-rata sepanjang hidupnya, jantung manusia berdetak sebanyak 3 milyar kali tanpa berhenti. Mesin manakah yang lebih canggih daripada jantung manusia?
Jantung adalah anugrah Yang Maha Kuasa yang sangat luar biasa, sekarang, tugas kita adalah merawatnya dengan baik agar jantung bisa berfungsi dengan baik dan normal selama mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar